Alat Tukang Bangunan Modern

Bangunan Modern –¬†Dengan teknologi yang semakin maju, tak hanya gadget yang mengalami perkembangan pesat, karena alat kerja bangunan pun begitu. Jika dahulu semua tukang bangunan menggunakan alat kerja yang manual, sekarang sudah tidak lagi. Untuk seorang tukang bangunan profesional, penguasaan alat memang sangatlah penting, karena alat kerja bangunan sebagai tangan kedua yang akan mempermudah dan memperlancar pekerjaannya.

Untuk Anda yang masih belum tahu apa saja alat kerja bangunan modern yang sekarang sedang marak digunakan. Berikut akan dijelaskan macam-macamnya.

Mesin Serut

Alat kerja bangunan ini berfungsi untuk meratakan permukaan kayu, membuat penelan pada jendela atau daun pintu, menyambung kayu bentuk papan agar menjadi lembaran yang lebar, membuat sekonengan untuk kusen pintu dan jendela.

Mesin Gergaji

Berfungsi untuk membelah dan memotong kayu, untuk menggergaji ringan misalnya membuat prostekan dan purusan.

Mesin Profil

Alat kerja bangunan dengan bentuk yang unik ini berfungsi untuk membuat motif pada kayu, pintu. Bisa juga untuk membuat slop (lubang untuk tempat kaca yang akan dijadikan jendela).

Mesin Bor

Sudah banyak yang mengetahui fungsi dari mesin bor, yakni untuk membuat lubang dengan ukuran tertentu tergantung dari ukuran besar kecilnya mata bor yang dipakai.

Siku

Meskipun terlihat sederhana, namun siku sebagai alat kerja bangunan sudah ada yang modern. Alat ini digunakan untuk menyiku kayu agar bisa tepat diambil 45 derajat, membuat garis purusan dan prostek.

Meteran

Setiap tukang bangunan ketika akan bekerja pasti membutuhkan meteran, karena fungsi dari meteran yang sangat penting, yakni untuk mengukur apapun yang akan dikerjakan, baik itu bahan, lahan, atau apapun juga.

Pahat

Digunakan untuk merapikan purusan, mempermudah dalam membuat lubang. Alat ini bermacam-macam ukuran, mulai dari 1 cm hingga 7 cm.

Itulah macam-macam alat kerja bangunan modern yang harus Anda punyai untuk mempermudah dan mempercepat dalam bekerja. Jika dahulu manual menggunakan tenaga manusia, sekarang sudah banyak alat yang menggunakan mesin dengan tenaga listrik. Meskipun harganya cukup mahal dibandingkan dengan yang manual, namun tak ada salahnya untuk membeli agar pekerjaan menjadi semakin ringan dan cepat selesai.