Cara Pasang Lantai Kayu Sendiri

Lantai kayu memang tergolong sulit untuk di pasang, namun bagi seseorang yang cukup paham tentang parket, untuk memasangnya mungkin menjadi perkara yang mudah. Dan bagi yang belum paham dan ingin memasang sendiri, Anda tidak perlu khawatir karena terdapat cara yang sangat mudah untuk memasangnya dengan mengetahui terlebih dahulu material yang akan digunakan.

Cara Pasang Lantai Kayu Sendiri

Lantai jenis ini terbuat dari bahan kayu keras dan padat yang nantinya akan menarik dan memberikan nilai tambah pada tampilan rumah, seperti ruang tamu, kamar tidur, dapur, serta ruang lainnya. Agar mendapatkan material yang bagus maka kita dianjurkan untuk memilih produsen yang memberikan garansi pada produknya. Karena dengan garansi tersebut menunjukkan bahwa material yang digunakan adalah bahan yang awet dan berkualitas untuk lantai kayu.

Cara Memasang Lantai Kayu Sendiri Dengan Mudah

 

Mempersiapkan Alat dan Bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan agar dapat memasang parket sendiri dengan mudah adalah mempersiapkan alat dan bahan. Untuk alat yang digunakan siapkan palu, alat amplas, alat finishing. Sedangkan untuk bahan yang akan dipakai pilihlah bahan yang tahan lama dan memiliki kualitas terbaik, karena jika tidak saat melakukan proses pemasangan kayu bisa mudah patah.

Membentuk Pola

Langkah selanjutnya yang tidak boleh tertinggal adalah membuat pola. Langkah ini bertujuan untuk membentuk ukuran setiap kayu yang  akan dipasang. Karena jika kita asal dalam dan tidak menentukan ukuran kayu akan menimbulkan hasil yang tidak rata dan terkesan semerawut. Sehingga percuma saja apabila kita menginginkan unsur estetika tetapi cara pengerjaannya semaunya sendiri.

Tahap Pengeleman

Setelah membuat pola dan mempersiapkan potongan kayu yang akan digunakan, tahap selanjutnya adalah melakukan proses pengeleman pada bagian lantai dan permukaan kayu bagian belakang. Lakukan pemasangan sesuai dengan pola yang telah dibuat. Lem yang biasanya digunakan adalah lem putih untuk kayu.

Tahap Pengamplasan

Apabila parket terlah terpasang pada lantai kayu, selanjutnya kita harus melakukan amplas dengan alat roll sender hingga permukaan lantai benar-benar rata. Untuk beberapa bagian yang bolong atau sedikit renggang bisa menutupnya dengan campuran lem putih dengan serbuk kayu, sehingga lubang tidak lagi terlihat dan terlindung dari air. Tambalan tidak akan terlihat karena warna serbuk yang digunakan  sama dengan warna kayu.

Tahap Finishing

Tahap akhir adalah penyelesaian yang bisa dikerjakan dengan spray atau roll khusus. Terdapat dua kelebihan dan kekurangan pada cara ini yaitu, pertama paket tidak rata pada permukaannya dan kedua multiplek tidak menempel dan akan lapuk dalam waktu lima tahun ke depan, sehingga kita harus lebih hati-hati agar bisa mendapatkan lantai kayu untuk membuat rumah terlihat lebih elegan, dan lebih terlihat minimalis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *