Cara Menghitung Biaya Pembersihan Lokasi Selama Proyek Yang Benar

Cara Menghitung Biaya Pembersihan Lokasi Selama Proyek Yang Benar – Salah satu komponen biaya dalam RAB pekerjaan persiapan yaitu pekerjaan pembersihan lokasi proyek. Biaya pembersihan lapangan ini sebenarnya harus diperhitungkan selama jangka waktu pelaksanaan proyek bukan cuma pada saat akan memulai pekerjaan.

gambar pembersihan proyek

Biasanya untuk membuat RAB untuk item pembersihan lapangan ada yang menghitung dalam satuan luasan misalnya m2 tetapi ada juga yang menghitung dalam satuan waktu misalnya bulan. Meski mungkin satuan waktu sebenarnya lebih tepat.

Dalam menghitung besarnya biaya pembersihan memang sangat dipengaruhi oleh luas area pekerjaan dan waktu pelaksanaan. Kita harus memperhitungkan berapa jumlah tenaga kerja kebersihan yang dibutuhkan untuk dapat melaksanakan pekerjaan pembersihan lokasi proyek dengan baik.

Selain itu kita jangan sampai lupa memperhitungkan biaya pembuangan sampah dan puing bongkaran bekas eksisting jika ada ke luar lokasi proyek yang biasa diangkut dengan truk sampah atau mobil pick up.

Sebagai contoh : misal suatu proyek konstruksi dengan luas 1.000 m2 dengan jangka waktu pelaksanaan 3 bulan yang membutuhkan 2 orang tenaga kebersihan per hari dengan upah Rp. 90.000 / orang / hari setiap harinya dan pengangkutan sampah 3 rit per minggu menggunakan mobil pick up dengan tarif Rp. 300.000,-/ rit. Berapa biaya pembersihan lapangan atau lokasi proyek yang diperlukan?

Catatan penting : contoh di atas hanya untuk memudahkan dalam mengetahui cara perhitungannya. Kebutuhan tenaga kerja dan harga upah serta harga mobil pick up sekali angkut sampah hanya merpakan asumsi yang mungkin berbeda dengan nilai sesungguhnya.

Pertama kita lakukan perhitungan biaya upah tenaga kebersihan selama 3 bulan, dengan asumsi 1 bulan 30 hari dan 1 bulan 4 minggu.

Biaya Upah = 3 x 30 hari x 2orang x 90.000 = 16.200.000

Selanjutnya hitung juga biaya pengangkutan sampah
Biaya Pengangkutan Sampah = 3 x 4 minggu x 3 rit x 300.000 = 10.800.000

Total biaya Pembersihan = 16.200.000 + 10.800.000 = 27.000.000
Biaya pembersihan lokasi proyek / bulan = 27.000.000 / 3 = 9.000.000

Itulah artikel tentang cara mudah menghitung biaya pembersihan lokasi selama proyek yang benar untuk menyusun RAB pekerjaan persiapan terutama untuk bagian pembersihan lokasi proyek. Semoga bermanfaat bagi anda…!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.